Selasa, 29 November 2011

Persoalan Ekonomi Indonesia


Di  Indonesia persoalan ekonomi merupakan isu yang sangan penting karena dapat mempengaruhi seluruh kegiatan masyarakat. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, dan inflasi , defisit anggaran pemerintah dan utang nasional, penawaran uang, bank dan keuangan internasional, dan masalah energi.
  1. Pertumbuhan Ekonomi
Semakin baik pertumbuhan ekonomi Indonesia, maka secara makro kondisi perekonomian Indonesia pun akan semakin baik. Namun, pertumbuhan ekonomi dapat menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang paling disoroti adalah inflasi dan polusi. Oleh sebab itu, pemerintah berupaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal serta menekan dampak negatif yang diakibatkannya seminimal mungkin.
  1. Kemiskinan
Garis kemiskinan merupakan ukuran rata-rata kemepuan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum. Melalui pendekatan sosial masih sulit mengukur garis kemiskinan masyarakat, tetapi indikator ekonomi secara teoritis dapat dihitung dengan menggunakan tiga indikator pendekatan, yaitu pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
  1. Pengangguran dan Inflasi
Pemerintah terus berupaya untuk menekan tingkat pengangguran dan tingkat inflasi agar tetep berada pada level yang wajar. Tingkat yang wajar maksudnya tingkat dimana dapat tercipta kestabilan ekonomi.
  1. Defisit Anggaran Pemerintah dan Utang Nasional
Pemerintah harus merumuskan kebujakan fiskal yang lebih baik untuk pembiayaan aktivitas pembangunan, mengingat utang negara pada saat ini sudah semakin tinggi.
  1. Penawaran Uang, Bank, dan Keuangan Internasional
Bank Indonesia terus berupaya menciptakan stabilitas sistem moneter.
  1. Energi
Energi penting bagi suatu industri, baik industri nasional maupun internasional.




Alam S.2007.Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X.Jakarta:Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar