Minggu, 06 November 2011

Aktivitas Ekonomi dan Perusahaan

Aktivitas Ekonomi


Aktivitas Ekonomi adalah pola hubungan yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dari para pelaku ekonomi yakni, Rumah Tangga Konsumsi atau Konsumen, Rumah Tangga Produksi atau Perusahaan, Rumah Tangga Negara atau Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri.
Keempat Pelaku ekonomi tersebut melakukan kegiatan ekonomi dengan saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing
Tiga unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi, yaitu :

a. Akumulasi modal
        Pasar modal : dengan adanya pasar modal perusahaan-perusahaan akan lebih mudah memperoleh dana, sehingga akan mendorong perekonomian nasional menjadi lebih maju, yang selanjutnya akan menciptakan kesempatan kerja yang luas, serta meningkatkan pajak bagi pemerintah.
b. Pertumbuhan penduduk
       Apabila pertumbuhan penduduk tinggi, tetapi banyak yang kurang berkualitas maka akan menyebkan ketimpangan aktivitas ekonomi.
c. Kemajuan teknologi
       Kemajuann teknologi dan aktivitas ekonomi merupakan dua hal yang saling mempengaruhi dan telah mengakibatkan struktur perekonomian secara terus menerus.


Perusahaan

       Menurut Prof. Molengraff perusahaan adalah seluruh kegiatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar untuk mendapatkan penghasilan, dengan cara memperniagakan beranng-barang, menyerahkan barang-barang, atau mengadakan perjanjian-parjanjian perdagangan.
       Menurut G. P. Gillin lembaga sosial adalah organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas masyarakat dan hasil-hasilnya. ia terdiri atas kebiasaan-kebiasaan, tata kelakuan, dan unsur-unsur kebudayaan lain yang tergabung dalam suatu unit yang fungsional. Lembaga sosial juga memiliki satu atau beberapa ciri tujuan tertentu.
       Perbedaan antara perusahaan dengan lembaga sosial terlatak pada seluruh kegiatanya yang diarahkan untuk memperoleh laba, memberikan kesempatan karja untuk mengurangi pengangguran, kemudian juga untuk meningkatkan pendapatan pemerintah malui pajak dan juga persentase.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tempat suatu perusahaan:
    1. Tempat yang strategis
    2. Berada di tepi jalan
    3. Tempat pemasaran yang mudah di jangkau
    4. Letak perusahaan
Faktor-faktor yang mempengaruhi letak suatu perusahaan:
    1. Dekat dengan bahan baku
    2. Dekat dengan pasar
    3. Dekat dengan pemasok tenaga kerja
    4. Dekat dengan penyediaan sumber tenaga/energi
    5. Iklim
    6. Ongkos transport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar