Minggu, 06 November 2011

Manajemen


Manajemen adalah koordinasi semua sumberdaya melalui proses perencanaan, pengorganisasian,  penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Organisasi adalah sarana atau wadah berkumpulnya sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerjasama di dalam mencapai suatu tujuan di situlah manajemen diperlukan dan dibutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.Perusahaan dapat dipandang sebagai suatu sistem kerjasama, dan kerjasama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang ditentukan semula, tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerjasama, karena hasil yang dicapai lebih besar dibandingkan bila dilakukan secara individu. Tiga alasan penting mengapa manajemen dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita.
a.  tujuan yang hendak dicapai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi
b. mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi,  perbankan, pelanggan, konsumen, dan serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat, dan pemerintah.
c.  mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapain tujuan.
Manajer yang efisien yaitu seorang manajer yangmempunyai kemampuan atau dapat mencapi input yang lebih besar dari pada out putnya. Boleh dikatakan juga bahwa seorang manajer yang efisien yaitu manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan. Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat didalam pencapaian tujuan.
Prinsip koordinasi adalah proses penyatuan tujuan-tujuan perusahaan dan kegiatan pada tingkat satu satuan yang terpisah dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlabih dahulu. Prinsip koordinasi dibutuhkas sekali oleh para kayawan sebab tanpa ini setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diiikuti, yang akhirnya akan merugikan organisasi itu sendiri.
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
a. Ingin merasa berguna dan penting
b. Ingin memiliki dan diakui setiap individu
c. Ingin memperoleh prestasi
d. Ingin memperoleh penghargaan

Sumber : Abdul Muhyi Mohammad. 1991. Pengantar Manajemen Umum. Jakarta: Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar